Doa Berlindung Dari Ilmu Yang Tidak Diamalkan

Dalam menempa sejarah kebangkitan Islam kali kedua di akhir zaman ini, ilmu wajib kita miliki. Karena ilmu adalah penyuluh kehidupan. Tanpa ilmu kita akan buta dan tersesat. Musuh akan mudah menipu daya.

Setelah memiliki ilmu dan mendapat tunjuk ajar dari guru yang mursyid, marilah kita memohon kepada Allah agar ilmu yang susah payah kita cari itu dapat kita amalkan.

Satu ketika Abuya telah mengajarkan satu doa meminta perlindungan dari ilmu yang tidak diamalkan:

“YA ALLAH! Aku berlindung dengan-Mu dari ilmu yang tidak diamalkan

Aku berlindung dengan-Mu dari ilmu untuk kemegahan

Tuhan, ilmu itu adalah cahaya penyuluh kehidupan

Jangan pula kehidupan orang tersuluh, kehidupanku dalam kegelapan”

 

“Tuhan aku memohon kepada-Mu

janganlah ilmu itu menjadi beban

Di Akhirat kelak menjadi hujah dan saksi

mengapa aku tidak amalkan”

 

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu bertambah ilmu, bertambah amalku

Jangan sampai usahaku orang lain selamat, aku tidak

Biarlah usahaku ini selamat menyelamatkan”

 

“Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu

dari ilmu untuk mujadalah (berdebat)

Bukan membantuku untuk beribadah dan bertaqwa”

 

“Tuhan aku berlindung dengan-Mu

jangan sampai ilmuku melaknatku

Karena bermegah-megah dan tidak mengamalkan

Jadikanlah aku bertambah ilmu,

bertambah dekat dengan Tuhan

Bertambah ilmu, bertambah ibadah dan amalan”

 

“Tuhan! Jadikanlah ilmuku mensyafaatkan aku di Akhirat kelak

Bukan melaknatku”

 

“Ya Allah! Jadikanlah ilmuku boleh memimpin diri dan orang lain

Boleh menyuluh kehidupanku dan kehidupan orang

Mampu menyuluh hatiku dan menyuluh hati orang”

 

“Seterusnya jadikanlah ilmu ini

Senantiasa memberi manfaat dan syafaat”

This entry was posted in Doa. Bookmark the permalink.

3 Responses to Doa Berlindung Dari Ilmu Yang Tidak Diamalkan

  1. Al Faqir says:

    Amin Allahumma Amin…

  2. barokah says:

    Amin ya Tuhan..

  3. Dono says:

    Ass.wr.wb,
    Berlomba-lombalah wahai kaum muslimin dan muslimat untuk meraih kasih dan sayang Allah S.W.T,karena disisi Allah S.W.T banyak tempat tinggal.
    Segala puji dan puja hanya untuk Allah S.W.T Rab semesta Alam.
    Wassalam,Dono.

Leave a Reply

