Biaya Cabut Berkas BPKB Mobil DKI Jakarta 75rb Rupiah Saja!!!

Ah terbayang proses mutasi kendaraan bermotor roda empat (baca: Mobil) dari satu kota ke kota lain merupakan proses yang rumit dan mahal. Apalagi kalau lihat biaya yang ditawarkan oleh biro jasa. Mulai 700rb rupiah bahkan sampai ada yang menawarkan jutaan.

Rupanya hanya 75rb Rupiah Saja!!!

Baca: TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH SAJA.

Saya tadi membantu teman menguruskan cabut berkas mobil di samsat DKI pun terkejut lagi terperanjat rupanya biaya cabut berkas hanya  75rb Rupiah Saja!!!

Prosesnya pun tidak rumit dan cukup simple. Cukup cek fisik, kemudian lengkapi semua berkas yang diminta jangan lupa bawa potocopi STNK + BPKB + KTP pemilik yang akan dipindahtangankan (masing-masing bawa dua copy).

Jadi kalau ada calo menawarkan bantuan jasanya mengurus cabut berkas BPKB Anda, menawarkan harga yang fantastis, tawar saja Gan hehehe.

Kecuali dia nawarin yang paket kilat, yang dua minggu selesai. Pak Polisinya pun ngasi tawaran harga empat ratus ribu rupiah (400rb).

Kalau normalnya tiga-empat minggu, itu beayanya 75rb Rupiah Saja!!!

Persyaratan selengkapnya bisa dibaca disini:

http://humaspoldametrojaya.blogspot.com/2010/01/persyaratan-mutasi-dan-pengurusan-bpkb.html

Syarat Mutasi Kendaraan
1. BPKB
2. STNK
3. Chek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan chek fisik bantuan dikantor chek fisik dikantor Samsat terdekat)
4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
5. KTP pemilik (daerah yang akan dituju)
6.(Untuk badan hukum )
Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan
Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) :
surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan

Tata Cara:
1. Silahkan anda datang ke kantor Samsat sesuai dengan Buku kendaraan/pemilik pertama dimana kendaraan tersebut didaftar.
2. Apabila anda melakukan Chek fisik bantuan silahkan hasil chek fisik tersebut dilegalisir terlebih dahulu.
3. Kemudian berkas tersebut didaftarkan ke loket bagian mutasi luar daerah.
4. Setelah berkas keluar silahkan (untuk Samsat DKI Jakarta) daftarkan ke bagian Mutasi yang ada di Lt.1 Gedung TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya.
5. Setelah proses No.4 selesai, silahkan kembali ke kantor Samsat untuk pengambilan Fiskal dan arsip kendaraan tersebut.

UPDATE:

kalo dah cabut BPKB (no 4), ke samsat untuk cabut fiskal. Nambah 15rb buat cabut fiskalnya.

Mudah kan🙂

Selamat mencoba mengurus sendiri.

UPDATE (Desember 2014):

Kalau mau via Biro Jasa, biaya pokok yang harus dibayar sudah jelas. Jadi bisa dikira-kira ongkos yang wajarnya. Kecuali memang niat mau sedekah😀

Info di sini hanya biaya untuk cabut berkas di DKI untuk dimutasi ke daerah lain. Biaya pendaftaran dan proses lain-lainnya di tempat tujuan tidak masuk dalam domain tulisan ini.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

96 Responses to Biaya Cabut Berkas BPKB Mobil DKI Jakarta 75rb Rupiah Saja!!!

  1. sean says:

    Mas, apa kwitansinya mesti di ttd-in sama pemilik sebelumnya? Soalnya waktu transaksi kita ngga pakai kwitansi. Bisa ngga dipalsukan?

    • Makhfud says:

      Wah, kurang tau ya. Saya juga baru sekali ini ngurus cabut berkas.

      Anyway, datang aja sendiri mas ke kantor samsat. Tanya aja langsung ke loket kalo ada masalah2. Nanti akan diarahkan bagaimana-bagaimana-nya. Kalau yg di Polda Metro Jaya, ramah2 pak polisinya😀

    • s@L says:

      Bisa dibikin sendiri Mas. saya udah beberapa kali ngurus mutasi kwitansi bikin sendiri. Bikin harga yang wajar & semurah mungkin.

  2. artur says:

    jdi seumpama kita mw mutasi kejawa tengah musti dub kali balik ya, ket no 3 dan 4?

  3. irman says:

    Mas, jika sudah step 5 kita lewati artinya berkas sudah complete dan tinggal dibawa kedaerah mana tujuan Plat nomer berikutnya yah?
    Minggu depan rencananya mau cabut berkas mas di jkt, mohon reply via email yah. Suwun

  4. rudi says:

    Mas, mau nanya nih tentang urutan prosesnya. Setelah bayar 75rb di loket BRI, kita disuruh balik 4 minggu kemudian utk mengambil berkas BPKB & STNK? Apakah benar begitu?
    Setelah berkas cabutan BPKB & STNK diberikan ke kita, utk proses mutasi selanjutnya baru kita membayar fiskal? Saya msh belum jelas, apakah kita menerima berkas cabutan BPKB & STNK dulu ataukah membayar fiskal dulu. Terima kasih

    • Makhfud says:

      iya betul…nanti disuruh balik lagi ambil berkasnya 4 minggu kemudian.

      bisa sih 2 minggu, tapi pas waktu masukin berkas bilang ke pak polisinya, “pak jalur cepat ya”, nanti akan diminta uang 400rb hehehehe

  5. ummu syahida says:

    Pak, itu yg jalur cepat 400rb udah pasti 2 minggu lgsg bisa ambil berkas kan ya? Ga molor molor kan? Saya butuh cepat soalnya,hehe

  6. olik says:

    maaf mas mau tanya,klo proses mutasi itu sdh otomatis balik nama atw utk balik nama ada prosesnya tersendiri ya?

  7. dewa says:

    saya dan mobil sdh di semarang. apakah untuk cek fisik bisa saya lakukan di samsat semarang..? kalo harus di samsat jakarta kan biayanya terlalu besar. trm ksh.

  8. nismo says:

    tadi pagi saya mau mutasi dari DKI ke tangerang,mobil gak bisa hadir karena mobil sudah ganti mesin jadi esek2 aku lakukan di rumah,di bagian cek fisik bayar 30rb,karena keburu2 mau masuk kantor minta bantuan sama pak polisi kena 300rb taunya beres

  9. amypram says:

    mas tanya donk..klo sy mau cabut berkas ke kaltim, tp KTP sy msh KTP jakarta bisa nggak ya mas

    • braun says:

      ya jelas gak bisa mas… Kecuali anda pinjam temen ktp alamat kaltim. Atau lebih simple anda perpanjangan pajak stnk tetap di jakarta, untuk proses 5 tahunan cek fisik bisa di samsat kaltim.

  10. Musadiq says:

    Mas mau tanya.. saya diminta tolong sama oom saya buat cabut berkas.. cuma kendaraan udah dibawa ke daerah.. itu maksudnya cek fisik yg No 3 bisa cek fisik di samsat setempat ya mas ?

  11. sugi says:

    ok sangat membantu. thanks

  12. sisi says:

    Waah PNBP Cabut mutasi mobil memang Rp 75.000, di SAMSAT Pati Rp 250.000 tanpa Kwitansi 2 minggu jadi….terus Cetak BPKB di SAMSAT Boyolali Rp 160.000,- tanpa Kwitansi tanpa dasar Hukum…Bgm lagi opo2 Duit ndak 1 Pintu, di kira kita ATM berjalan

    • hanz says:

      cabut berkas motor 5 hari yg lalu di samsat klaten 250rb tanpa kuitansi, 3 hari jadi pdhl qt gak minta “jalur cepat” lho, maen patok aja. cetak bpkb di ditlantas batang, jateng 3 th yg lalu 200rb (mutasi dr kab.tangerang). WOW bgt ya administrasinya. kpn ya kita bener2 “berbenah”? :-C

    • Vero says:

      Baca di forum2 kl biaya cabut berkas cm 75rb..akhirnya pede cabut berkas sendiri di samsat karanganyar…di samsat abis 120rb..masih disuruh ke polres kena lagi 75rb…haha…ora korupsi ora ngapusi…

  13. ayub says:

    Pak klo ngurus cabut berkasnya tahun ini. Tp ngurus mutasinya tahun depan gimna?

  14. Ijul says:

    mas, saya mau tanya, udah 2bulan lebih saya cabut berkas di samsat Balaraja Tangerang, tapi blom juga keluar berkas/arsipnya, yg udah keluar cuma fiskal nya,, saya mau masukin berkas di daerah saya Kalbar Kabupaten Sambas. tolong dong apa mau minta uang lagi pak samsat nya supaya berkas cepat di keluarkan,,,

  15. dodon says:

    Saya malah diminta Rp.500.000 dengan perincian biaya mutasi 300.000 dan biaya fiskal 200.000 di polres binjai sumut

  16. nanasagethi says:

    Hello mas saya mau tanya tolong di jawab yah..
    Gini saya kan mau mutasi dari plat B jakarta ke plat F bogor, itu ngurus mutasinya musti di samsat jakarta atau bisa di samsat bogor saja yah?
    Thx berat🙂

  17. panda says:

    mau numpang cari info nih gan..
    ane mau cabut berkas motor plat B tp motornya d malang, cek fisik di samsat malang bisa?
    abisnya dari calo harganya gila”an, mnta 2jtan trima plat N

  18. deni says:

    Sy mau tanya, berkas mutasi saya udah lenkap dan diserahkan ke loket pendaftaran mutasi luar daerah dari jakarta ke lebak dan dikasih tanda bukti penyerahan berkas tertgl 29/10/2013 jd hrs dtg lg ke polda metrojaya 1 bln, sy datang lg tgl 2/12/2013 pas sy mau ambil trnyata ada berkas terselip dan harus nunggu 5 hour lg. Apakah prosesnya yg benar seperti itu, ataukah sy dikerjain orang samsat supaya sy minta tolong org samsat melalui jalur belakang dg menyodok petugas?

    • Makhfud says:

      keselip mah perkara biasa. lha wong kerjaannya masih pake berkas manual. Kalau kejadian ya namanya nasib hehehe😀

      Gak perlu pake jalur belakang, yang sabar aja

  19. bhoiiem says:

    Bang kalau misal.a kita punya mtor trs stnk.a ga ada cuma bpkb doank trs pajjak mati 3 tahun itu bisa di bikin lg stnk.a kan sama ganti plat baru tolong info.a donk dan kira” kena denda.a brpa duit ya ?

  20. Sohib M says:

    Mas Cabut berkas…. Kalo KTP pemilik sblmnya hrs ada apa tidak….

  21. pri says:

    Barusan saya urus mutasi dan balik nama dari Jakarta Selatan ke Bantul Yogyakarta.
    Tadi jam 09.00 hari Rabu, 5 Pebruari 2014 saya mulai ngurus di awali dari legalisir check fisik ( saat ini saya check fisiknya di polres bantul karena mobil ada dirumah jogja), biaya legalisir Rp. 30.000 ( tanpa kuitansi ).
    Setelah proses legalisir, saya langsung menuju lantai II Gedung Biru ( Polda Metro Jaya ), dibagian mutasi ke luar daerah. Cek dokumen, isi formulir, Bayar di BRI Rp 75.000. Berkas2 tadi dikasihkan lagi ke petugas mutasi ke luar daerah. Kita nerima bukti penyerahan dokumen dan disuruh nunggu 1 bulan ( 4 minggu ).
    Ternyata mudah dan murah. ( pernah di tawari jasa kepengurusan mutasi biayanya Rp 1.100.000 bisa 2 – 3 minggu).
    Wah sayang banget…..kebetulan saya kerja di jakarta dan dipastikan hampir 1 minggu 1x pulang jogja atau paling lama 2 minggu 1x pulang jogja…..
    Hore Polda Metro… Bravo….

    Salam
    Pri

    • Makhfud says:

      mantap kan…moga Pak Polisi makin baik kerjanya dan makin tulus melayani umat🙂

    • Agung says:

      Mas saya mau mutasi mobil dr jkt ke semarang. Tapi kalau bpkb yg lama belum di samain sama stnk, gimana? padahal mobil itu sudah saya beli.. dgn nama yg berbeda( stnk atas nama orang yg saya beli, bpkb atas nama orang yg sebelumnya dia beli)

      oh ya kalau jakarta timur polda nya dimana?

  22. Makhfud says:

    for All: thanks komen dan pertanyaannya. maaf baru sempet nengokin blog saya ini. JAdi mohon maaf kalau banyak pertanyaan yang tidak direspon🙂

  23. arie says:

    trimakasih bAnyak info2nya sangat membantu, terus terang saya barusan nyuruh orang cabut motor plat b ke plat d solo saya habis 1 juta, perincian di bekasi di mintai calo 550 rb, di solo habisnya hampir 500, sekarang mau cabut mobil, mau sy urus sendiri prosesnya, makasih……..

  24. Angga Wijaya says:

    saya rencana mutasi mobil plat B Jakarta (a/n org lain) ke plat D Bandung.
    PKB sekitar 1,7jt. udah dihitung2 menurut birojasa, biaya mutasi+BBN+PKB sekitar 5,5jt.
    kemahalan gak yah?

    • Makhfud says:

      Rasanya sudah sesuai Pak. Coba bapak hitung2 juga ongkos bolak balik dari bandung ke Jakarta kalau urus sendiri🙂

      kecuali kalau memang Bapak suka ulang alik ke jakarta, bisa diurus sendiri hehe.

    • joand says:

      Kmahalan mnurut ane gan sgtu.. Barusan sy tnya k polisi utk mbil ane mutasi dr jkt ke depok kena biaya skitar 600rb dgn PKB sktar 2jtan..
      Untungnya td ane telat ngurusnya.. ‘N untungnya lg nemu blog ini.. Wah.. Ane ngurus sndiri aj deh..hehehe.. Thanks bung admin.. Dua Jempol buat infonya..

  25. helmy says:

    mas untuk jak-ut urusnya di komdak apa bs di #samsatkebonbabas ?

  26. theea says:

    mas tanya donk….apakah mutasi di kenakan BBN KB..kebetulan saya sedang mengurus mutasi kendaraan kantor…..saat mutasi fortuner tdk dikenakan BBN KB(lewat jasa lain)…..namun saat mengurus sendiri innova dikenakan biaya BBN KB sebesar 20jt…..sebenarnya dikenakan atau tidak biaya BBN KB untuk mutasi

    • heri says:

      kalo nama pemiliknya sama cuma pindah alamat saja berarti tidak kena BBN KB , cuman mutasi aja. tapi kalo ada perubahan nama pemilik berarti mesti bayar BBN KB.

  27. eddy cimong says:

    Balik nama jaktim ke jaksel tapi hrs di ingat ujung plat B kita apa (contok B 000 JZ) stnk jaktim JZ itu nomer jakarta pusat,kita diarahkan urus STNK jakpusat,ngga sampe 2 jam selesai dapat STNK
    baru. nah untuk urus BPKB tdk langsung hari itupun ngga apa2 bravo komdak

  28. paul andre says:

    sore OM saya serius mau tanya, sy mau cabut berkas spd motor taun 2003 dari jakarta ke surabaya, pajak stnk mati 5 tahun, per tahun Rp 230.000,- . plat nomor 2009-2014. Trus mau balik nama. Kira-kira habis biaya brapa??

  29. slimsbogor says:

    Alangkah bijak ketika memvonis telak menggunakan ingin birojasa SANGAT mahal, anda gunakan data ILMIAH dengan merinci total seluruh biaya di atas dari A – Z. Contoh : Biaya Parkir selama sebulan proses, fc berkas, beli map, beli kwitansi, cek fisik, pdftaran Mutasi, tebus flat nomor, Bensin makan minum bolak balik selama sebulan proses, belum lagi kalau harus izin kerja, biaya pulsa dsbnya. Hayo gan, tolong yang fair jangan cuma nulis Rp. 75.000 lalu selesai. Berapa rata – rata tarif cabut berkas DKI via Birojasa??

    • Makhfud says:

      sabar gan…..

      sesuai judul, Biaya Cabut Berkas di Jakarta. Kalau via biro jasa, mintanya 700rb-1,5jt. itu yang nawarin saya waktu saya ke polda januari 2013. GAk tau ya kalau ada birojasa yang lebih murah. share aja disini.

      Namanya cabut berkas ya hanya cabut berkas BPKB + Cabut berkas STNK.

      Cek fisik gratis. spanduknya gede banget tuh di Polda. Kalau petugas esek2 minta paling 20rb/30rb.
      Fotocopi 10rb. parkir 2x 4rb. makan 2x + jajan 50rb. tebus plat nomer gak ada. bensin bolak balik 40rb.
      biaya cabut berkas 75rb. cabut berkas stnk 15rb.

      Jadi, kalau urus sendiri: biaya resmi: 75rb+15rb = 90rb.

      yang lain (biaya operasional + biaya siluman esek2): 30rb+10rb+4rb+50rb+40rb= 134rb

      total jendral 224rb.

      bandingkan dengan 700rb yang ditawarkan oleh Biro Jasa.

      Kalau ada yang lebih murah, monggo tawarin disini🙂

  30. Raegan Halim says:

    halo… mau tanya nih pak… kalau cabut berkas bisa diwakilkan ga ya? karena posisi saya sudah ga di jakarta, dan mobil yang mau dicabut berkas ada di jakarta. thanks

  31. nuzul ilhami says:

    mas saya mau tanya untuk cabut berkas kalau pajaknya sudah mati itu harus perpanjang dulu atau gimana mas,terima kasih

  32. shety says:

    Halo Mas salam kenal..mau share aja saya barusan cabut berkas mobil di JakUt mutasi ke jateng pake biro jasa pajak telat 3hari, nah si biro minta advance saya kasih 3juta (ini titik mula kesalahan saya) katanya total habis 1juta..

    sisa yang harusnya 2juta,ditransfer baru tadi pagi 1juta..ga tau perhitunganya seperti apa saat di sms slow respon bangettt…

    buat temen2 yang mau pakai biro jasa perjelas dulu akad awal sebelum penyerahan uang, biar ga sperti saya..

  33. ardi says:

    Terima Kasih Mas atas pencerahannya
    saya mau mutasi kendaraan dari bandung ke bekasi, untuk syarat mutasi kendaraan poin ‘ke 5. KTP pemilik (daerah yang akan dituju)’ itu menggunakan KTP saya (pembeli) atau KTP pemilik kendaraan (Sesuai tertera diBPKB)

  34. di jawa tengah cabut berkas urus senderi untuk sepeda motor sampai 600an

  35. Adi says:

    ma,af mas mau tanya..sya kan mau cabut berkas sma balik nama dr jakarta ke Blora nih..terus syarat mutasi nomor 6 itu harus diikutsertakan saat kepengurusan gk mas..terimakasih

  36. awie_jember says:

    saya tadi kenak 400 ribu, terus di mintai uang faktur katanya 150 ribu. jadinya 550 ribu. apa kemahalan ya?

  37. awie_jember says:

    yang minta petugasnya. saya mutasi keluar (cabut berkas) dari Situbondo ke Jember (sama-sama jawa timur). apa saya kena tipu sama petugas ya?

  38. koko says:

    Bermanfaat sekali informasinya, setidaknya ada gambaran harga jika ingin menggunakan jasa. Klo terpaut jauh, mending urus sendiri, hitung2 dpt pengalaman. Tp klo terpaut sedikit, pakai jasa jg boleh, hitung2 beramal..hehehe

  39. atien says:

    mas saya mw tanya… saya kn mutasi dr bekasi ke kebumen… berkas2 dlm proses… yg saya ingin saya tanyakan…kira2 mutasi in { masuk } ke kebumen..proses nya makan waktu brp hari gan…? dan apa benar hrus croscek ke POLDA JATENG klo lintas provinsi…jd klo hrus croscek ke Semarang { letak polda jateng } kn lmyn jauh gan kebumen ke semarang…? tlg gan penjelasan.ny

    • Makhfud says:

      ya kalau masuk ke propinsi lain memang harus ada rekomendari dari polda tujuan. Kalau rumah dekat ama polda tujuan, ya enak urus sendiri. kalau Jauh, ya biro jasa mungkin lebih murah😀

  40. sano says:

    pak mau tanya, saya pengen mutasi dari jakpus ke bantul jogja, tgl 18 besok uda jatuh tempo pajak, berarti pajaknya dibayar dulu pak??, itu langsung ke polda metro jaya bisa??, kalo umpama uda cabut berkas lalu masukin ke samsat bantul nya juga kena pajak lagi ya pak??, terima kasih sebelumnya

    • Makhfud says:

      iya langsung ke polda metro. Di gedung yang biru.

      pajaknya nanti bayar di bantul pak. Bayar pajak yang jatuh tempo tanggal 18 besok kan buat setahun ke depan.

      sekarang bayar biaya cabut berkas bpkb dan stnk saja.

      hm…tapi bulan depan baru selesai cabut berkasnya. Mungkin, kalaupun bayar pajak yg jakarta ikut proporsional 1 bulan aja. Saya dulu cabut berkasnya jatuh temponya masih 2-3 bulan lagi soalnya.

  41. atien says:

    iya sie kang… tp pny q gk balik nama…? nama sama nama saya tp cm alamat nya ajha yg beda… apa proses nya sma jg ya kang..?

  42. fyan says:

    Mas mau tanya, klo mutasi minta surat fiskalnya itu harus lunas dahulu ya pajak yang telat? Soalnya kata teman saya jika mutasi itu pajak yang telat tidak harus di bayarkan. Yang di bayarkan hanya pajak untuk tahun berikutnya di daerah tujuan apakah betul mas? Mohon jawabannya.

    • Makhfud says:

      telatnya berapa lama? pengalaman saya, waktu itu pernah mutasi udah telat 6 bulan pajaknya. Di Jakartanya ya yang 6 bulan itu dibayar dulu (jadi separonya yang dibayar). di tempat tujuan, bayar full untuk setahun ke depan, dan platnya kan ganti, dimulai dari didaftarkan di tempat tujuan.

  43. ditto says:

    gan, plat mobil saya kan B akan di ganti menjadi DA (kalsel). fisiknya ada di semarang coz kita domisili di semarang.
    1 ). untuk cek fisik bisa di kantor polisi semarang ga ?
    2). trus berarti saya harus dapat rekomendasi dari polda kalsel ya gan ?

    • Makhfud says:

      cek fisik bisa di semarang. nanti di polda metro tinggal diverivikasi aja.

      rekomendasi dari polda kalsel nanti setelah cabut berkas di polda metro selesai.

  44. mangaming09 says:

    Mas, mau tanya gimana kalo penyerahan berkas mutasi masuk (mutasi antar kab/kota dalam propinsi) ke samsat tujuan melebihi batas waktu 2 bulan? Kan di di surat keterangan pindah pengganti stnk berlaku maksimal 2 bulan.

  45. randi123irs says:

    Pak mau tanya nih klo mau mutasi mobil dari Jakarta k daerah bali,STNK sy Jakarta pusat apakah sy bisa mutasi d Jakarta selatan d Polda nya? Mohon bantuan nya,trims

  46. yahya says:

    alamat Stnk Rempoa ciputat tangerang selatan plat B xxx RSO, ke samsat polda komdak ato ke samsat mana ya oom

    • Makhfud says:

      ciputat ke samsat yang depan Tiptop ciputat kalau gak salah. Saya pernah urus balik nama mobil ciputat ke samsat yang depan tiptop ciputat itu

  47. arie says:

    Mas saya mau tanya ne.
    Motor saya plat aceh. Jd saya mau mutasi medan. Kira kira bisa gak?Kira kira lama gak? Mohon di jwb

  48. WAHYUDISOETRISNO says:

    mohon maaf,bagi yg mau cabut berkas dari jakarta atau daerah mana aja.harus diperhatikan no seri platnya.misal B 5445 TBB.Itu cabut berkas setahu saya harus diproses di Jakarta timur soalnya [TBB]Menunjukkan bahwa itu plat jakarta timur,tidak bisa diproses disamsat lain.kaya BEKASI pun harus dilihat BEKASI KOTA apa
    BEKASI KABUPATEN,semoga bermanfaat.tks

  49. Yudha says:

    mohon info bapak bapak di intansi terkait: saya mutasi kendaraan dari jakarta ke banten,sudah 2 bulan masih belum keluar,apa ya yang menjadi kendala selama itu?

  50. Madinal Pradana Siregar says:

    Untuk cabut berkas dari Jakarta sdh selesai namum untuk pengubahan plat menjadi KB (Pontianak) diperkirakan kena berapa biaya semuanya hingga selesai? Trims

  51. Cieks says:

    Mas.. klo mutasi balik nama dari plat B Bekasi ke plat B Jakarta Timur gimana mas? Saya domisili di jakarta timur.
    Tapi kondisi nya BPKB asli di pihak leasing. (Masih Kredit)
    Pertanyaannya apakah saya bisa urus sendiri juga?
    Atau dari team pihak leasing. Kwatirnya pihak leasing mematok harga biro jasa pula. Mengigat komparasi harganya bisa selisih 500 ribuan

    (Jadi, kalau urus sendiri: biaya resmi: 75rb+15rb = 90rb.
    yang lain (biaya operasional + biaya siluman esek2): 30rb+10rb+4rb+50rb+40rb= 134rb
    total jendral 224rb.
    bandingkan dengan 700rb yang ditawarkan oleh Biro Jasa)

    Terima Kasih
    “Hemat itu Pilihan”

    • bambang herwanto says:

      Selamat siang,mau nanya ni mas,saya kemarin beli truck besar roda 6 itu dari jakarta,sekarang saya mau mutasi ke daerah tanjung pinang gmn caranya ya,

  52. Nur Amelia says:

    mau nanya mas nih mobil plat B tapi bayar pajak disamsat banten .pajak mati 2 tahun .Saya mau pindah ke jakarta timur . Bolehkah hanya cabut berkas saja di samsat banten dan bayar pajak mati dua tahunnya dijakarta timur sekaligus bayar pajak baru

  53. Wiwied says:

    Malam pak…
    Kalau plat Jakarta Barat SAMSATnya dimana yaa untuk cabut berkas ?

    Makasih

  54. evi says:

    Mau tanya nih..saya mau cabut berkas dari jakarta barat ( samsat grogol) ke bandung..kira2 brp biaya nya & proses nya brp lama yah..krn tahun2 lalu cabut berkas dr jakbar jg masa sampe 4 bln..wkt itu pake biro jasa..dan biayanya jg gila sampe 2 jt..
    Makanya saya mau coba urus sendiri..mohon infonya
    trims mas

  55. utarra mahardika says:

    Maaf ni gan mw konsultasi,,posisi saya sekarang dijogja tp kendaraan R4 platB bekasi. Kebetulan pajak bulan Maret 2016 ini mw diperpanjang tp kendaraan malah mw dijual dan pembelinya minta diproses plat AB Jogja.
    Bisa minta penjelasan untuk proses dan rincian biaya kita ngurus sendiri?
    Terimakasih

  56. supriyanto says:

    pak.makhfud.. bisa minta tolong cabutkan berkas dari jakarta pusat?

  57. ari says:

    stnk almt jakbar,klo mau mutasi cabut berkas hrs ke samsat jakbar atau komdak ya…..mksh

  58. fuckozan says:

    pengen mutasi motor . dari jakarta timur ke daerah di jawa ..pajak mati setahun dan bulan depan jatuh tempo pajak .lagi .ktp yg punya tidak ada .kwitansi jual beli udah ga ada .jadi proses cabut berkasnya gmana .gan oh iya kalo nanti udah selesai cbut berkasnya bisa gak masukinya ke daerah nunggu abis lebaran jadi ada selang beberapa bulan gtu dri cabut berkas . trimksh

  59. Makhfud says:

    mohon maaf lama ngak nge-wordpress….

    mohon maaf kalo coment2 ngak pada ditanggepin>>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s